Kaidah ergonomi dalam membuat huruf di papan tulis dan pembuatan power point Oleh:Dr. I Gusti Made Oka Suprapta

ERGONOMI

Kaidah ergonomi dalam membuat huruf di papan tulis dan pembuatan power point

Oleh:

Dr. I Gusti Made Oka Suprapta

 

    Ukuran dan warna huruf yang nyaman dibaca, hendaknya mengikuti aturan sebagai berikut. (a) Tinggi huruf (dalam mm) = jarak baca (dalam mm) dibagi 200; (b) Lebar huruf = 2/3 x tinggi huruf; (c) Tebal huruf = 1/6 x tinggi huruf; (d) Jarak antara 2 huruf = 1/5 x tinggi huruf; (e) Jarak antara 2 kata    = 2/3 x tinggi huruf; (f) Jarak antara 2 baris kalimat = 1 x tinggi huruf; (g) Jika warna hurufnya hitam maka latar belakangnya putih, kuning atau oranye muda; (h) Jika warna hurufnya biru tua atau hijau tua maka latar belakangnya putih (Kroemer dan Grandjean, 2000).


Beberapa kaidah ergonomi dalam merancang slide power point dalam pembelajaran. Dalam merancang presentasi dengan menggunakan slide power point, ada beberapa kaidah estetika dan ergonomis yang perlu diperhatikan di antaranya seperti: (1) Tata cara pembuatan judul slide power point yaitu sebagai berikut. (a) judul slide power point ringkas, dan tata letaknya pas, (b) jumlah kata 2-5 dan buat sub judul dibawahnya jika terlalu panjang, (c) besar huruf 20-28 font; (2) Tata cara pembuatan isi slide power point yaitu sebagai berikut. (a) Isi slide sederhana, bahan tidak seluruhnya dituangkan dalam slide. Satu halaman presentasi hanya mengandung satu jenis informasi atau idea, serta susunlah materi yang hendak disampaikan secara sistematik (runut), agar alur pesan dapat dicerna secara lancar. Bila menggunakan singkatan, gunakanlah yang populer. (b) Dalam satu baris gunakan 3-5 kata dan jumlah baris kalimat tidak lebih dari 9 baris, maksudnya agar tidak terkesan ruet atau tidak mengakibatkan keengganan mahasiswa untuk membaca tulisan tersebut. (c) Konsisten dalam menggunakan ukuran huruf dalam satu halaman slide, ukuran hurufnya adalah 18-24 font. (d) Konsisten dalam pengaturan warna, bila menggunakan huruf hitam maka warna dasarnya putih dan bila menggunakan huruf putih maka warna dasarnya biru tua. Penggunaan huruf yang terlalu banyak warna warni akan dapat menimbulkan kelelahan mata mahasiswa (Adri, 2008; Pardede, 2008; Hartati, 2009; Said, 2009).

 

Ditulis dalam Uncategorized. 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Kaidah ergonomi dalam membuat huruf di papan tulis dan pembuatan power point Oleh:Dr. I Gusti Made Oka Suprapta”

  1. Ketut Supeksa Says:

    Bagus pak, suksma artikelnya bisa jadi referensi

    ini contoh power point supeksa http://www.slideshare.net/ketutsupeksa/ppt-mikro-teaching-sintesa-protein-supeksa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: